Jumat, 20 Juni 2008

Niat untuk Nabung

Banyak yg bingung bagaimana mengatur uang. Banyak juga yang bingung karena ngga punya uang. Nah yang terakhir saya kurang bisa membantu :-)
Kalo yang pertama, kita bisa pakai prinsip personal finance sederhana yaitu saving first consume later. Artinya bila ingin suatu saat uang anda bekerja untuk anda, maka niatkan menabung dulu sebelum uang itu dikonsumsi. Mudah diucapkan/ditulis, sulit diterapkan.
Mungkin pernah dengar yang namanya Financial Freedom, kebebasan dari sisi keuangan. Bukan bebas menggunakan uang:-)
Financial freedom dapat dimulai dari jargon saving first consume later tadi. Cobalah dengan 10% atau 20% penghasilan bulanan ditabung, sisanya baru di konsumsi. Coba buat tabungan yang terpisah antara tabungan untuk konsumsi (ada fasilitas ATM) dan tabungan murni (tanpa ATM).
Selamat mencoba, jangan patah semangat

2 komentar:

fitri mengatakan...

Ini blog serius ya? Klo komentar juga harus serius juga ya? Jadi takut komen klo gitu.... Ya dech ayo menabung, menabung dan terus menanbung... Ingat hemat pangkal kaya lho. Tapi klo ada sale gedhe2an gimana donk???:-(

Made erawan mengatakan...

Om Yong klo kita misalnya pengen beli mobil or bangun rumah, bagusan nabung or pinjem duit ya,...berhubung nilai rupiah sangat tidak stabil,..pls advised.
Tks
Made Erawan